Sempurnakan tahfidz Quran, lakukan 5 hal ini untuk semakin akrab dengan al-Quran

Sebelum tulisan ini, kita telah membahas cara menghafal al-Quran yang mudah dan efektif dengan metode 3T+1M. Kali ini kita akan membahas hal apa saja yang perlu kita lakukan sembari kita menjalani proses tahfidz quran kita dapat semakin akrab dengan Al-Quran.

Mengapa kita perlu akrab dengan Al-Quran? Karena orang yang akrab dengan Al-Quran bisa disebut juga sebagai shahibul Quran. Secara harfiah berarti ‘sahabatnya Al-Quran’. Bukankah seseorang itu harus dekat dan akrab untuk dapat disebut sebagai seorang sahabat?

Orang yang menjadi shahibul Quran mendapatkan fadilah sebagaimana tercantum dalam hadits Rasulullah SAW berikut:

يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِى الدُّنْيَا فَإِنَّ مَنْزِلَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَؤُهَا

Dikatakan kepada Shahibul Quran (orang yang membaca/menghafalkan Al Qur’an) nanti: ‘Bacalah dan naiklah serta tartillah sebagaimana engkau mentartilnya di dunia. Karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca (hafal).” (HR. Abu Daud no. 1464 dan Tirmidzi no. 2914. Syaikh Al-Albani dalam As-Silsilah Ash-Shohihah no. 2240 mengatakan bahwa hadits ini shohih)

Tentunya membaca dan menghafalkan, serta berulangkali mengulangi bacaan telah membuat kita dekat dengan al-Quran. Namun ada hal-hal lain lagi yang dapat membuat kita lebih dekat lagi dengan al-Quran. Mari kita ikuti bersama penjelasan di bawah ini.

Baca selengkapnya