Sahabat

Jum’at Berkah

Mencari teman memang mudah – Pabila untuk teman suka – Mencari teman tidak mudah
Pabila untuk teman duka – Banyak teman di meja makan – Teman waktu kita jaya – Tetapi di pintu penjara – Disana teman tiada – Mencari teman memang mudah – Pabila untuk teman suka
(Rhoma Irama)

Dalam bahasa Arab, arti teman dapat bermacam-macam tergantung karakteristiknya masing-masing. Misalnya Jamiil artinya bagus, tampan, gagah. Jamiil sebutan untuk laki-laki. Sedangkan kalau perempuan Jamiilah. Jamiil melambangkan ambisi yang membaja, atau orang yang tak henti-hentinya berupaya meraih apa yang diinginkan.

Shahib artinya teman. Shahib sebutan untuk laki-laki juga. Adapun kalau perempuan namanya Shahibah. Shahib berarti teman atau sahabat yang menyertai. Kariim mengandung arti murah hati, mulia, bersahabat. Kariim adalah harapan agar orang tersebut menjadi laki-laki yang peduli, istimewa, dermawan dan baik hati.

Dari ketiga contoh tersebut, mengerucut menjadi satu yaitu sahabat. Sahabat merupakan pertemanan yang mengetahui ketika sedih atau terluka. Sahabat selalu ada disetiap suka dan duka. Ia selalu ada untuk kita dan memiliki ikatan emosi kuat. Ia juga yang membuat masalah kita sirna, namun tak akan hilang saat kita mempunyai masalah.

Persahabatan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung. Sebagai makhluk sosial, kita tidak akan mampu hidup sendiri. Dimanapun berada kita pasti berinteraksi dengan orang lain. Meskipun teknologi informasi demikian pesat perkembangannya, kita tetap membutuhkan orang lain.  

Berteman dengan orang lain ada kalanya merasa cocok, namun tak jarang lebih banyak yang tidak nyaman. Chemistri dalam berteman tidak datang tiba-tiba. Butuh proses waktu yang panjang sekaligus sebagai ajang pembuktian, arti seorang sahabat.

Sahabat yang baik, bukan dari golongan orang yang membabi buta. Segala tindak-tanduk kita dibenarkan olehnya. Teman yang baik adalah, mereka yang menegur dikala kita melakukan kesalahan. Teman baik, yang selalu mengingatkan kewajiban. Shahib yang bijaksana selalu menakar perilaku kita. Kiranya surat al-Isra’ : 7, sangat tepat untuk yang mencintai persahabatan.

Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri, dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu untuk dirimu sendiri pula… (QS. Al-Isra’: 7)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *